Sabtu, 31 Desember 2011

Pengungkap Identitas @Poconggg

Paparazzi Digital : Pengungkap Identitas @Poconggg

pocivalentine Dunia twitter geger! Seorang Paparazzi Digital mengungkap identitas si @poconggg. Bagaimana asal mula dan dampak dari pengungkapan ini? 
Seorang Paparazzi Digital, sebuah profesi baru, @DrakulaEdogawa menunjukkan hasil temuannya yang diklaim telah membuka tabir rahasia dibalik akun @poconggg. Paparazzi Digital tersebut membuat blog instan untuk menampilkan temuan yang disajikan ala detektif mengungkap kasusnya. Simak saja di http://bit.ly/rhXYkg. Wah pasti ada yang tertawa senang tuh…..iya siapa lagi…
Kontan saja publikasi temuan itu jadi percakapan di linimasa twitter. Sampai-sampai, web SalingSilang.com yang berperan menjaring percakapan di dunia digital membuat laporan khusus yang bisa disimak di http://bit.ly/qQPUoE. Ramainya percakapan ini membuat #prayforpoconggg menjadi trending topics di Indonesia pagi ini. (jiaaah pagi buta TT beginian…..)
Akun @poconggg memang fenomenal. Bahkan perbandingan pengaruh antara @Poconggg versus @Sherinamunaf pun di luar dugaan dimenangkan oleh akun misterius itu. Bahkan, buku karya ta……ups maaf, karya @poconggg juga laris manis. Saking larisnya sampai dimuat di tabloid lho. Nih baca http://bit.ly/pLLx8v 

Sebagaimana dunia nyata, ternyata di dunia digital berlaku hukum yang sama. Popularitas memancing rasa ingin tahu, iri dan berjuta respon lain. . Popularnya @poconggg melahirkan sebuah profesi baru, Paparazi Digital. Profesi baru di dunia. Dalam blognya, pelaku menyatakan niatnya untuk mengungkapkan akun twitter terkenal lainnya. Wah wah..…
Bagaiman respon para fans @poconggg?
Mengapa orang begitu menyukai @poconggg? Akun tersebut telah menciptakan sebuah permainan yang menghibur bagi fansnya, meski dia sendiri “menjadi korban”. Respon orang terhadap pengungkapan identitas @poconggg sangat tergantung pada posisi apa seseorang dalam permainan itu.
Apa saja responnya?
  1. Respon Gembira. Respon ini berupa kegembiraan atau mengkapokkan si @poconggg karena sudah ketahuan.  Respon ini lahir mungkin karena selama ini merasa “terganggu” atas popularitas dalam permainan galau si @poconggg
  2. Respon Aku Padamu. Respon yang menguatkan si @Poconggg untuk tetap berlaku sebagaimana biasa. Begitu sayangnya fans terhadap @Poconggg yah?  Saking sayangnya sudah ada yang nulis posting lho.
  3. Respon Kemarahan. Respon ini berupa sindiran atau serangan terhadap usaha Paparazzi Digital dalam mengungkap identitas @Poconggg.
  4. Respon Kekhawatiran. Respon yang menunjukkan kekhawatiran akan kehilangan peran si @poconggg. Respon berharap @poconggg tetap baik-baik saja (ih kayak lagu deh…).
  5. Respon Cuek. Respon ini berupa ungakapan ketidakpedulian atas identitas @Poconggg selama akun tersebut tetap menghibur. Toh selama ini semua tahu kalau pasti ada manusia yang menjadi admin dibalik akun itu. (ya iya lah….emang siapa lagi?)
  6. Respon apalagi ya..….mau menambahkan?
Pada akhirnya, internet telah melahirkan linimasa twitter sebagai sebuah panggung permainan yang menampilkan berbagai aktor. Setiap orang memilih peran dan permainannya sendiri demi kesenangan atau kepentingan masing-masing. Linimasa pun memicu beragam emosi mulai tawa, marah, sirik, hingga menangis.
Linimasa twitter adalah wujud telanjang dari dunia seolah-olah atau simulacrum. Kita menangis tertawa bukan semata oleh manusia nyata, juga oleh sebuah sosok seolah-olah, sosok @poconggg. Semua serba seolah-olah. Seolah-olah fans, seolah-olah bintang pujaan. Tapi dunia seolah-olah ini sekarang sudah menjadi nyata, tak ada lagi batas dengan dunia nyata. Jadi, selamat datang profesi baru Paparazzi Digital.
Gimana ya respon @poconggg? Bagaimana permainan ini akan dihadapi? 
Baca juga Skenario-Skenario Pengungkapan Identitas @Poconggg 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar