Jumat, 02 Maret 2012

Kursor untuk Tumblr

Pertanyaan seputar kursor cukup banyak yang masuk ke Ask-nya Belajar Tumblr. Sebenarnya, saya belum begitu paham karena belum pernah tertarik untuk mencoba mengganti kursor tumblelog saya atau Belajar Tumblr ini.
Tapi saya sudah coba search tentang kursos Tumblr. Semoga informasi ini cukup bermanfaat yaa…
Bagaimana Cara Agar Saya Dapat Mengganti Kursor?
Pertama, teman-teman perlu mencari dulu bentuk kursor yang diinginkan. Ada beberapa situs yang menyediakan bermacam-macam kursor yang bisa kita pakai. Misalnya website berikut.
http://www.cursors-4u.com
http://tumblr-cursors.tumblr.com
http://free-themes.info
Kedua, setelah menemukan kursor yang diinginkan, copy kodenya. Kemudian jangan lupa BACA PENJELASAN yang ada di website tersebut, tempat kita mendapatkan kodenya.
Ketiga, paste kodenya di Tumblr kita. Di bagian mana? Untuk ini, ikuti penjelasan yang telah disampaikan di website sebelumnya, tempat kita meng-copy kode cursor tadi. Kemungkinannya dua:
  1. Ke Customize Appearance —> Advanced. Kemudian paste kodenya di Add Custom CSS. Atau…
  2. Ke Customize Appearance —> Theme —> Use Custom HTML. Paste kodenya di baris sebelum </head>
Jangan lupa klik Save setelahnya. Selesai. 
Kalau Gagal… Bagaimana?
Ini juga yang sering dikeluhkan teman-teman. Kadang-kadang terjadi seperti ini, kita sudah meng-copy paste kodenya tapi kursornya tidak berubah jadi seperti yang kita inginkan. Kenapa?
Pertama, cek dulu apakah sudah benar cara kita meng-copy paste kodenya. Ulangi lagi.
Kedua, kalau memang tidak bisa juga bagaimana? Ini bisa terjadi. Banyak juga orang-orang yang bertanya ke website-website di atas kok kode kursornya tida bekerja, alias gagal. Ada beberapa kemungkinan. Bisa jadi karena memang ada yang salah dengan kodenya. Atau, seperti yang disebutkan di http://tumblr-cursors.tumblr.com/faq, kode kursor tersebut tidak berubah seperti yang kita inginkan karena browser yang kita pakai tidak mendukung kursor tersebut. Jadi, misalnya kita pakai Chrome, ya coba ganti pakai Firefox. Mungkin akan bisa muncul kursor yang sudah di-copy paste kodenya ke Tumblr kita.
sumber : belajar-tumblr

5 komentar: